Ini Cara Antisipasi Virus Corona B117 Dengan Cara 3 T Dan 5 M. Berikut Infonya?

Header Menu

BBM

BBM

Ini Cara Antisipasi Virus Corona B117 Dengan Cara 3 T Dan 5 M. Berikut Infonya?

Minggu, 07 Maret 2021

 

Foto: dr. Zamir Alvi


PALI, Galih.Info - Virus corona B117 adalah virus corona jenis yang baru,  tapi virus jenis B117 ini merupakan lebih berbahaya dari Covid-19.

Hal Itu dikatakan oleh Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten PALI Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), dr. Zamir Alvi. Minggu(7/3/2021)

"Virus corona B117 penyebarannya lebih cepat, bisa mencapai 10 kali lipat dari virus corona yang biasa," kata dr. Zamir. 

Lanjut, memastikan sejauh ini virus Corona B117 belum ditemukan di kabupaten PALI. 

"Informasi yang kami dapat, di Indonesia kasus virus corona B117 ditemukan di daerah Karawang. Dengan jumlah dua kasus. Untuk di PALI belum ada," kata pria yang keseharian juga sebagai kepala Puskesmas Talang Ubi itu. 

Terkait spesifikasi virus corona B117, dr. Zamir menerangkan jika terkena virus corona B117, maka selain dilakukan swabtes pada pasien, dilakukan lebih lanjut pemeriksaan kepada materi genetik atau genom. 

"Setelah di swabtes, maka langkah selanjutnya dilakukan pemeriksaan genom dari virus tersebut, untuk mengetahui apakah virus corona jenis B117 atau bukan. Namun, sebelum itu dipastikan pasien punya riwayat dari luar negeri. Untuk gejala awal virus corona B117 yaitu lesu tanpa sebab," terangnya. 

Untuk mengantisipasi hal itu, gugus tugas percepatan penanggulangan covid-19 di PALI akan melakukan 3 T dan 5 M. 

"Dalam mencegah covid-19, baik virus corona B117 ataupun virus corona yang lama, di PALI akan melakukan 5 M dan 3 T, yaitu memakai masker, mencuci tangan,menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilisasi serta 3 T yaitu testing, tracing, dan treatment," tutupnya. 

GI