Kampung Anggur Di PALI, Berada Di Desa Jerambah Besi

Header Menu

BBM

BBM

Kampung Anggur Di PALI, Berada Di Desa Jerambah Besi

Selasa, 30 November 2021

 

Foto:  Suasana Wabup Drs. H. Soemarjono saat menanam anggur 



PALI, GalihInfo - Wakil Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Drs H Soemarjono melakukan penanaman perdana budidaya tanaman anggur di Desa Persiapan Jerambah Besi kecamatan Talang Ubi, Rabu (1/12/21). Kegiatan itu merupakan inisiasi warga setempat dalam mengembangkan tanaman anggur agar bisa mejadi ikon atau identitas desa yang sudah lima tahun masih menjadi desa persiapan. 

Pada penanaman perdana tanaman anggur, Plt kepala dinas Pertanian Ahmad Jhoni, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) A Gani Akhmad diwakili Sekretaris Mardiansyah, Camat Talang Ubi serta sejumlah kepala desa tetangga hadiri kegiatan perdana di kabupaten PALI bahkan di provinsi Sumatera Selatan itu. 

Ada pelayanan kesehatan gratis, pelayanan KB Gratis juga PMI meramaikan acara tersebut. 

Wabup PALI menyatakan dukungannya terhadap terobosan itu, hanya saja Wabup menekankan kepada seluruh masyarakat agar kegiatan itu bukan hanya acara seremoni saja, namun harus mampu berkelanjutan dan bisa menjadi penopang ekonomi keluarga. 

"Setelah penanaman ini, saya akan monitor secara berkala untuk memastikan bibit yang dibagikan ditanam dan dirawat. Sebab, apabila ini ditekuni, mudah-mudahan desa ini jadi kampung anggur dan menjadi ikon desa bahkan ikon kabupaten," ujar Wabup. 

Kepada dinas pertanian, Wabup meminta agar melakukan pendampingan kepada masyarakat yang menanam anggur. 

"Saya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program ini. Sebab ini bentuk upaya masyarakat memperbaiki kehidupan kedepan agar lebih baik, dimana sebelumnya menanam anggur sempat diragukan untuk tumbuh baik di PALI, namun berkat inisiasi warga dan keuletannya, membuat tanaman anggur mampu tumbuh dan menghasilkan buah yang layak dikonsumsi. Agar program ini bisa sukses, Dinas Pertanian harus mengawal dan membimbing masyarakat," pinta Wabup. 

Sementara itu, Ahmad Jhoni menyatakan bahwa pihaknya siap mengawal dan bertekad tanam perdana anggur bukan hanya sebatas budidaya, namun bisa berdaya ekonomi tinggi. 

"Kami juga sangat mendukung kegiatan ini, dan informasinya budidaya anggur ini akan dilombakan untuk memompa semangat masyarakat. Secara bertahap kami akan menilai sembari melakukan pendampingan kepada masyarakat agar anggur yang ditanam bisa tumbuh baik juga berbuah," kata Ahmad Jhoni. 

Ditempat sama, Kades Jerambah Besi Suharja menyebut bahwa program launching budidaya tanaman anggur itu dananya bersumber dari Bantuan Gubernur (BanGub) tahun 2021 melalui program PKK. 

"Dasar kami tertarik menjadikan desa ini Kampung Anggur adalah setelah melihat dan menyaksikan langsung salah satu warga yang berhasil membudidayakan tanaman anggur bisa berbuah dan bisa mendatangkan banyak orang dari luar. Berkat tanaman anggur, desa ini lebih dikenal dan Insyaallah dengan launching ini desa kami lebih maju dan menjadi salah satu tujuan wisata. Pendanaan kegiatan ini dari BanGub dan sumbangan dari pemilik kebun anggur, dimana masing-masing rumah mendapatkan dua batang bibit anggur dengan syarat masyarakat calon penerima bibit harus menyiapkan lubang dan media tanam," terang Kades. (Ril)