Masyarakat Lunas Jaya, KNPI PALI, Gencar, Dan OPLI Gelar Aksi Damai Di PT SLR. Minta Pindahkan Stockfile Dan Crussher

Header Menu

BBM

BBM

Masyarakat Lunas Jaya, KNPI PALI, Gencar, Dan OPLI Gelar Aksi Damai Di PT SLR. Minta Pindahkan Stockfile Dan Crussher

Rabu, 19 Januari 2022


foto: Suasana aksi Damai 



PALI, GalihInfo - Merasa terpanggil Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Pemuda Nasional Indonesia (KNPI), Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI). ikut damai aksi damai yang di gelar oleh masyarakat Desa Lunas Jaya,  Kecamatan Tanah Abang,  Kabupaten PALI yang di gelar di halaman Mess PT Titan Group/PT Servo Lintas Raya (SLR).

Orasi masyarakat Lunas Jaya yang juga di ikuti oleh Organisasi Gerakan cinta rakyat (GENCAR) dan Organisasi Pemuda Lematang Ilir (OPLI) meminta Perusahaan untuk menjauhkan Stockfile dan Crussher yang tidak jauh dari permukiman masyarakat. 

Ketua KNPI PALI Fardinan Marcos, S.Kom, melalui Dedy Triwijayanto Bidang Hukum DPD KNPI PALI saat di tanya media ini mengatakan kami pemuda Kabupaten PALI merasa terpanggil untuk kepentingan masyarakat, yang kami lihat pakta dilapangan lingkungan yang tidak jauh dari PT Titan Group sangat memprihatinkan. 

"Adanya stockfile dan Crussher milik PT Titan Grup sangat dekat sekali dengan pemukiman masyarakat Desa Lunas Jaya, masyarakat terdampak sekali terkena pencemaran lingkungan dari abu Batu Bara membuat kesehatan masyarakat akan tidak terjamin." Ujar Dedy Bidang Hukum DPD KNPI PALI. Rabu(19/2/2022).

Lanjutnya,  menyikapi dalam aksi hari ini kami DPD KNPI akan membentuk Tim Khusus untuk membantu masyarakat Desa Lunas Jaya,  agar bisa di tanggapi dengan baik oleh pihak perusahaan. 

"Dalam waktu dekat kami akan membentuk tim khusus untuk membantu masyarakat Lunas Jaya. agar permintaannya Stockfile dan Crussher dijauhkan dari pemukiman masyarakat." ujarnya. 

Sementara itu,  Rizal ketua DPC Gencar menyampaikan dalam permintaan kami kepada PT Titan Group hanya satu Poin untuk segera mungkin memindahkan Stockfile dan Crussher itu dari permukiman masyarakat. 

"Sangat disayangkan perusahaan membangun Stockfile dan Crussher itu dekat pemukiman masyarakat,  karna masyarakat akan terdampak pencemaran lingkungan, dengan adanya dampak pencemaran lingkungan dari Stockfile dan Crussher itu masyarakat terdampak sesak napas, debu di rumah warga dan dialiran sungai juga terdampak. Dengan itu hari ini kita telah menyampaikan fakta integritas kepada PT Titan Group,  dan kami memberikan waktu seminggu untuk perusahaan mengkaji permintaan kami, serta untuk merealisasikannya." jelas Rizal. 

Terpisah, Konsultan Legalitas dan Nonlitigasi
PT Titan Group Aca Cholik Darlin mewakili Perusahaan menyambut aksi damai masyarakat Desa Lunas Jaya. hanya saja aspirasi dari masyarakat akan kami bicara dulu dengan atasan kami. 

"Ya,  Kami menerima aspirasi yang disuarakan oleh masyarakat Lunas Jaya dan permintaan yang di minta masyarakat,  hanya saja kebijakan tertinggi ada yang memberi izin kami, karna berdirinya perusahaan kami berdasarkan Undang-undang, kalaupun nanti perusahaan melanggar Undang-undang kami akan menerima konsekuensinya." Katanya. 

Lanjtnya, Perusahaan PT Titan Grup sebelum membangun Stockfile dan Crussher itu sudah melakukan sosialisasi. 

"Terbangun Stockfile dan Crussher ini kami juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan Pemerintah setempat, dan samapai perusahaan ini berjalan sudah berapa kali ganti kepala Desa." tuturnya. (Red)