Pulihkan UMKM PALI, Pemda PALI Akan Segera Bangun Kasimo. Simak Infonya

Header Menu

BBM

BBM

Pulihkan UMKM PALI, Pemda PALI Akan Segera Bangun Kasimo. Simak Infonya

Kamis, 14 Juli 2022

 

Foto: Saat Peninjauan Kawasan KASIMO



Galih Info,  PALI - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrpin) bersama Dinas Koperasi dan UMKM melakukan peninjauan Lokasi Kasimo (Kawasan Simpang Limo) guna menyediakan wadah berkumpulnya para pelaku seni dan UMKM yang tak hanya di Kecamatan Talang Ubi namun juga di Bumi Serepat Serasan.

Inisiator atau penggagas Kasimo, andrean menjelaskan bahwa Kasimo sendiri berkonsep seperti Food court sehingga tak hanya menjadi wisata kuliner pada malam hari namun juga tempat berkumpulnya para pelaku seni.

Dijelaskan, wacana dibangunkannya Kasimo ini sudah sejak dua tahun lalu dari para pemuda dan pelaku UKM setempat. Namun terkendala merebaknya Covid-19.

Sehingga, dengan ini diharapkan kawasan simpang lima pusat kota Kabupaten PALI mempunyai ikon dan tempat berwisata kuliner segera terealisasi.


Tempat ini sangat strategis karena berada di pinggiran jalan lintas. Jadi dinilai sangat pas bagi berkumpul pelaku seni dan UKM sehingga bisa menjadi wisata kuliner selain menciptakan karya seni yang nantinya bisa menambah PAD PALI, Kamis (14/7/2022)

Sementara, Plt Kepala Disdagrpin PALI, Teguh Estro menjelaskan bahwa Kasimo merupakan usulan masyarakat sekitar, pemudah dan pelaku UMKM di sekitar kasimo

Dijelaskan, Kasimo mengambil tema pasar tematik. Dimana, Pasar Kuliner yang pangsa pasar masyarakat menengah kebawah. 

Namun. Rancangan kedepan yang lebih serius pihaknya akan melakukan diskusi dengan ahli terkait payung hukum. 

Dimana diketahui, lahan sekira luas satu hektar ini sudah milik Pemda. 
Jadi pemanfaatan lahan luas yang tak terguna sehingga bisa digunakan untuk berkumpulnya para pelaku UMKM dan Pelaku seni. 

"Lokasi Kasimo sangat strategis. Jangan lihat sekarang tapi kurun waktu kedepan. Jadi, warga masyarakat ekonomi menengah kebawah bisa berkumpul dan bisa menjadi suatu wadah menyalurkan ide kreativitas masing-masing." Jelasnya usai melakukan peninjauan di lokasi Jalan Dua Simpan lima didampingi Plt Kepala Koperasi dan UMKM, Raden Abdulrohman.

Wakil Ketua DPRD PALI, Budi Hoiru menambahkan bahwa pihaknya sangat menyetujui dengan terobosan kasimo.

"Kita berharap bisa segera direalisasikan. Dari Komisi III DPRD PALI, pihak UKM dan pemuda serta pemerintah juga melakukan peninjauan agar bisa menjadi icon wisata kuliner di Bumi Serepat Serasan," jelasnya (jh)