Sebelum Diaspal. Bupati PALI Minta PT MHP Lakukan Perbaikan Jalan Sp Raja

Header Menu

BBM

BBM

Sebelum Diaspal. Bupati PALI Minta PT MHP Lakukan Perbaikan Jalan Sp Raja

Rabu, 24 Agustus 2022

 

Foto: Suasana Kendaraan Melintas jalan Simpang Raja 



PALI, Galih Info -  Rencana peningkatan jalan cor beton pada jalur poros Simpang Raja-Sinar Dewa kecamatan Talang Ubi kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang akan dilakukan Pemerintah Kabupaten PALI tidak main-main.

Pasalnya, Pemkab PALI telah menyiapkan anggaran melalui APBD kabupaten PALI tahun 2022 ini untuk melakukan pengaspalan pada jalur strategis perputaran ekonomi di kabupaten PALI tersebut.

Dibalik rencana itu, ada satu kendala yang dihadapi Pemkab PALI dalam pelaksanaan pengaspalan, yakni adanya kerusakan jalan pada jalur yang menjadi lintasan angkutan kayu milik PT Musi Hutan Persada (MHP) sepanjang lebih kurang 3 kilometer.

Pemkab PALI pun meminta pihak perusahaan, dalam hal ini PT MHP untuk melakukan perbaikan dengan di cor beton ulang sebelum Pemkab PALI melakukan pengaspalan. 

Desakan agar PT MHP melakukan perbaikan disampaikan langsung Bupati PALI, DR Ir H Heri Amalindo MM.

"Yang aktivitasnya padat di jalan Simpang Raja sepanjang lebih kurang 3 kilometer adalah PT MHP. Masa yang sering memakai perusahaan itu, perbaikannya dibebankan ke pemerintah," ucap orang nomor satu di Bumi Serepat Serasan belum lama ini. 

Untuk itu, Bupati meminta perusahaan itu segera lakukan perbaikan pada titik jalan yang rusak. 

"Kami minta di cor beton lagi, setelah itu Pemkab PALI akan mengaspal supaya jalan itu awet serta aktivitas masyarakat maupun perusahaan lancar. Kami juga akan menyurati PT MHP untuk segera lakukan perbaikan," tandas Bupati. 

Rencana pengaspalan jalan Simpang Raja-Sinar Dewa diperkuat Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten PALI, Ristanto Wahyudi. 

Menurutnya, anggaran yang digunakan untuk melakukan pengaspalan jalan Simpang Raja-Jerambah Besi-Sinar Dewa-Tanah Abang menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kabupaten PALI tahun 2022.

"Mudah-mudahan tidak ada kendala, karena pengaspalan jalur itu sudah dianggarkan," ujar Ristanto. 

Sebelum pelaksanaan pengaspalan, Ristanto telah berkoordinasi dengan pemerintah provinsi Sumatera Selatan karena jalur tersebut telah diambil alih provinsi. 

"Untuk saat ini kita yang membangun jalan itu, meskipun telah diambil alih provinsi. Karena yang banyak menggunakan jalan adalah masyarakat PALI. Tetapi sebelumnya, kita  telah koordinasi dengan Pemprov," tukasnya.

Terpisah, Mutakabir atau biasa disapa Obby perwakilan PT MHP mengapresiasi rencana Pemkab PALI melakukan pengaspalan pada jalur poros Simpang Raja-Sinar Dewa, dimana sepanjang lebih kurang 3 kilometer dipakai PT MHP sebagai lintasan angkutan logging. 

Hanya saja menurut Obby bahwa yang melintas di jalur itu bukan hanya PT MHP tetapi ada beberapa perusahaan lain yang sama aktivitasnya padat. 

"Pada intinya PT MHP sangat mendukung rencana itu, tetapi alangkah baiknya PT MHP dan perusahaan lainnya diundang untuk berkoordinasi perbaikan pada jalur tersebut," kata Obby. (Red)