Registrasi Sosial Ekonomi 2022, PALI Jadikan Momentum Pembenahan Data

Header Menu

BBM

BBM

Registrasi Sosial Ekonomi 2022, PALI Jadikan Momentum Pembenahan Data

Senin, 03 Oktober 2022

 






PALI, Galih Info - Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dalam hal ini di bidangi Dinas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) bekerjasama dengan Badan Pusat Statistik Muara Enim menggelar kegiatan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) dan Rapat Koordinasi Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) untuk seluruh Desa dan Kelurahan Bumi Serepat Serasan Tahun 2022.

Kegiatan itu dilaksanakan di gedung arsendora, Komplek Pertamina. Selasa (4/10/22).

Tujuan dari kegiatan itu untuk melakukan Regitrasi Ekonomi Sosial tahun 2022, Pendataan awal Regsosek akan menghasilkan data terpadu tidak hanya untuk program perlindungan sosial melainkan keseluruhan program yang dibutuhkan masyarakat untuk kebijakan pemerintah yang lebih terarah.

Selain itu juga digunakan untuk kepentingan perencanaan dan evaluasi pembangunan. Data Regsosek akan menjembatani koordinasi dan berbagi pakai data lintas lembaga dan lintas daerah untuk memastikan pemakaian data yang konsisten.

Dari Pendataan Awal Regsosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk yang terdiri atas profil, kondisi sosial, ekonomi, dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainnya hingga tingkat desa sampai kelurahan.

Kepala Badan Pusat Statistik Provinsi Sumsel Dr. Ir. Zulkipli, M,Si dalam sambutanya menjelaskan Registrasi Sosial Ekonomi 2022 bertujuan untuk memperbarui basis data yang baru agar pemerintah lebih tepat dalam melakukan pemberitan.

"Upaya pemerintah untuk mensejahterkan masyarakat secar merata dan tepat, program ini juga untuk mengetahui apa ya g harus di lakukan pemerintah untuk pembangunan daera tersebut agar bangunannya lebih manfaat bagi masyarakat." jelasnya.

Ia juga berharap, agar Pemda PALI dapat mendukung progran pendaatan Ekonomi Sosial di Bumi Serepat Serasan.

"Ya, Kami berharap kepada pihak terkait pemda Pali Maupun Instansi lainya yang terkait agar menyatakan dukungan agar program registrai pembaruan data dapat berjalan dengan baik, yang akan kita lakukan pada 15 Okober - 14 Noveber 2022 mendatang." Harapnya

Bupati PALI Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI Drs. Soermarjono menyampaikan  akan mendukung penuh kegiatan Regsosek di Bumi Serepat Serasan.

"Kami menyatakan dukungan penuh Program BPS dalam melakukan Regsosek di Bumi Serepat Serasan kami berharap jangan ada satu pun masyarakat kami tidak terdata,." Ungkap Wakil Bupai PALI Soemarjono. (Red).